25 Desember 2011

Pencurian account di Facebook dengan metode Social Enginering plus Phising

Saya sendiri pernah mengalami hal yg serupa dengan artikel ini. Entah darimana asalnya, tiba2 seseorang yg baru saja berteman di facebook langsung ngajakin chat.  Photo profilenya memang menggiurkan, manis bin bohay. Pada saat itu dia merequest ingin video chat dengan saya. Tentu tanggapan saya boleh-boleh aja (siapa yang nolak la wong photo profilenya lumayan). Ok berikutnya saya tanya mau video chat menggunakan apa ? YM atau Camfrog ?. Ternyata doi ingin saya mengklik salah satu url agar saya dan dia bisa chat video online disitu. Hohohohoho… sampai disini saya cukup curiga. But.. its ok.. saya coba…
URL web yang dia berikan saya klik, ternyata larinya ke salah satu layanan domain gratisan yaitu Dot.Tk. Makin curiga lagi saya.. masalahnya website untuk streaming kalo pake domain gratisan kan ga mungkin.. beli hosting streaming itu biayanya lumayan mahal bisa sampai dengan 2-3jt per bulan, masa beli hosting sanggup tapi beli domain yang 70 ribu per tahun tidak sanggup.
Pada halaman tersebut saya diminta untuk masukan email dan password. Ok.. saya tes dengan isi email dan password yang tentunya bukan email dan password saya sebenarnya. Benar dugaan saya.. ini adalah phising. Karena setiap saya tekan enter halaman web tidak berubah, selalu saja tampilan login, dan yang lebih aneh tidak ada pemberitahuan kalau email atau password saya salah.berarti sudah jelas bahwa ini tindakan penipuan. silahkan segera laporkan account facebook tersebut bila ada diantara teman2 yg mengalami hal serupa. Ini salah satu contoh alamat URL palsu yg menyerupai halaman Facebook :
 

Saya harapkan agar rekan-rekan yang lain jangan terlalu mudah percaya kepada orang-orang di Facebook yang memberikan URL kepada Anda. Uppsss.. tidak hanya pada facebook tapi juga pada email anda. JANGAN COBA-COBA UNTUK KLIK LINK YANG DIBERIKAN OLEH ORANG LAIN KEPADA ANDA JIKA ANDA TIDAK BENAR-BENAR YAKIN !!!!!. Untuk mengetahui dan menangkal phising silahkan baca Hati-hati, phising mulai digunakan untuk mencuri account facebook

Editan dari : 
www.einu.net

1 komentar:

Unknown 7:31 AM, Januari 10, 2012  

wah harus hati2 nich kalo Chattingan ama orng gak di kenal...
nice info Gan salam kenal dari Cafe Amaliun Indah

Posting Komentar

posting populer

Arsip Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP